.3.A.4.1 EKSPLORASI KONSEP - FORUM DISKUSI MODUL 3.3 PENGELOLAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID


NAMA : ARIF SAPUTRA

KEGAIATAN: MPLS

No

Nama Program/ Kegiatan

Jenis Kegiatan

Karakter lingkungan yang dikembangkan

Aspek Voice, Choice, Ownership

 

KEGIATAN MPLS

Ko Kurikuler

Lingkungan yang menyediakan kesempatan untuk murid menggunakan pola pikirpositif dan merasakan emosi yang positif. Sebagai contoh menjadikan kegiatan MPLS sebagai kegiatan yang membuat siswa Bahagia dengan tempat belajar yang baru dengan kegiatan yang membangun karakter.

Membuat daftar kegiatan yang dilakukan Bersama murid. Dimana siswa diminta memberikan masukkan terkait dengan materi yang disampaikan oleh pemateri selama kegiatan MPLS baik itu kelemahan dan kelebihan

 

 

 

Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif,arif dan bijaksana. Sebagai contoh Pada kegiatan MPLS siswa diminta untuk saling kenal antara satu sama lain dengan teman baru dan dipisahkan dengan teman sekolahnya/ Siswa diminta untuk memilih ketua kelompok sebagai pemimpin dalam kelompoknya

Melakukan kegiatan yang bisa menghasilkan proyek. Dimana setiap kelompok diminta membuat yel- yel untuk menjaga kekompakkan dan semangata dalam kegiatan MPLS

 

 

 

Lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya Sebagai contoh Pada kegiatan MPLS siswa diperkenalkan dengan kompetensi yang harus dicapai pada saat belajar disekolah dan diperkenalkannya kegiatan eskul

Siswa menentukan pilihan. Dimana setiap murid bebas memilih eskul untuk mengembangkan bakat dan minat serta memberikan masukkan terhadap penampilan eskul pada kegiatan MPLS

 

 

 

Lingkungan yang melatih murid untuk menerima dan memahami kekuatan diri,sesama, serta masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Sebagai contoh pada kegiatan MPLS siswa diperkenalkan lingkungan tempat belajar serta sarana prasarana yang ada disekolah.

Memberikan kesempatan kepada murid bertanya dan melihat langsung tekait dengan sarana dan prasarana disekolah agar mereka semakin memahami kegiatan yang diperbolehkan pada saat mempergunakan sarana dan prasarana tersebut

 

 

 

Lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok, maupun golongan Sebagai contoh Pada kegiatan MPLS siswa dilibatkan aktif dalam kegiatan senam pagi selama kegiatan MPLS dan pada kegiatan yang menumbuhkan kekompakkan dalam kelompok sehingga menumbuhkan kreatifitas siswa dalam kelompok

Memberikan kesempatan kepada siswa dan kelompoknya untuk mempresentasikan hasil karya kelompoknya dihadapan kelompok lain sebagai yel- yel dan diberikan bintang untuk menumbuhkan motivasi

 

 

 

Lingkungan yang menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri. Sebagai contoh Siswa diminta mencatat dan mengingat kembali materi yang disampaikan pemateri pada kegiatan MPLS

Siswa dipersilahkan mengekspresikan diri terkait materi yang disampaikan pada kegiatan MPLS bisa melalui akun sekolah, pribadi terkait dengan ide dan gagasan selama kegiatan MPLS

 

 

 

Lingkungan yang menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh murid untuk terus bangkit di tengah kesempitan dan kesulitan. Sebagai contoh pada kegiatan MPLS siswa diminta untuk bekerja sama dalam kelompok selama kegiatan game (ice breaking) dan siap menerima konsekuensi jika kalah pada kegiatan game (ice breaking) tersebut

Mengkondisikan lingkungan dan fisik dalam mendukung kegiatan. Kegiatan pada ICE Breaking (game) memerlukan fisik yang cukup sehingga siswa diminta memakan snack sebelum melakukan kegiatan


Comments