.3.A.4.1 EKSPLORASI KONSEP - FORUM DISKUSI MODUL 3.3 PENGELOLAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID
|
NAMA : ARIF SAPUTRA KEGAIATAN: MPLS |
||||
|
No |
Nama
Program/ Kegiatan |
Jenis
Kegiatan |
Karakter
lingkungan yang dikembangkan |
Aspek
Voice, Choice, Ownership |
|
|
KEGIATAN
MPLS |
Ko
Kurikuler |
Lingkungan yang menyediakan kesempatan untuk
murid menggunakan pola pikirpositif dan
merasakan emosi yang positif. Sebagai contoh menjadikan
kegiatan MPLS sebagai kegiatan yang membuat siswa Bahagia dengan tempat
belajar yang baru dengan kegiatan yang membangun karakter. |
Membuat
daftar kegiatan yang dilakukan Bersama murid. Dimana siswa diminta memberikan
masukkan terkait dengan materi yang disampaikan oleh pemateri selama kegiatan
MPLS baik itu kelemahan dan kelebihan |
|
|
|
|
Lingkungan yang mengembangkan keterampilan
berinteraksi sosial secara positif,arif dan
bijaksana. Sebagai contoh Pada kegiatan MPLS siswa
diminta untuk saling kenal antara satu sama lain dengan teman baru dan
dipisahkan dengan teman sekolahnya/ Siswa diminta untuk memilih ketua
kelompok sebagai pemimpin dalam kelompoknya |
Melakukan kegiatan
yang bisa menghasilkan proyek. Dimana setiap kelompok diminta membuat yel-
yel untuk menjaga kekompakkan dan semangata dalam kegiatan MPLS |
|
|
|
|
Lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses
pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya
Sebagai contoh Pada kegiatan MPLS siswa diperkenalkan dengan kompetensi
yang harus dicapai pada saat belajar disekolah dan diperkenalkannya kegiatan
eskul |
Siswa menentukan
pilihan. Dimana setiap murid bebas memilih eskul untuk mengembangkan bakat
dan minat serta memberikan masukkan terhadap penampilan eskul pada kegiatan
MPLS |
|
|
|
|
Lingkungan yang melatih murid untuk menerima
dan memahami kekuatan diri,sesama, serta
masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Sebagai contoh pada
kegiatan MPLS siswa diperkenalkan lingkungan tempat belajar serta sarana
prasarana yang ada disekolah. |
Memberikan
kesempatan kepada murid bertanya dan melihat langsung tekait dengan sarana
dan prasarana disekolah agar mereka semakin memahami kegiatan yang
diperbolehkan pada saat mempergunakan sarana dan prasarana tersebut |
|
|
|
|
Lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan
menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya
melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok, maupun golongan
Sebagai contoh Pada kegiatan MPLS siswa dilibatkan aktif dalam
kegiatan senam pagi selama kegiatan MPLS dan pada kegiatan yang menumbuhkan
kekompakkan dalam kelompok sehingga menumbuhkan kreatifitas siswa dalam
kelompok |
Memberikan kesempatan
kepada siswa dan kelompoknya untuk mempresentasikan hasil karya kelompoknya dihadapan
kelompok lain sebagai yel- yel dan diberikan bintang untuk menumbuhkan
motivasi |
|
|
|
|
Lingkungan yang menempatkan
murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif
dalam proses belajarnya sendiri. Sebagai contoh Siswa
diminta mencatat dan mengingat kembali materi yang disampaikan pemateri pada
kegiatan MPLS |
Siswa dipersilahkan
mengekspresikan diri terkait materi yang disampaikan pada kegiatan MPLS bisa
melalui akun sekolah, pribadi terkait dengan ide dan gagasan selama kegiatan
MPLS |
|
|
|
|
Lingkungan yang menumbuhkan daya lenting dan
sikap tangguh murid untuk terus bangkit
di tengah kesempitan dan kesulitan. Sebagai contoh pada
kegiatan MPLS siswa diminta untuk bekerja sama dalam kelompok selama kegiatan
game (ice breaking) dan siap menerima konsekuensi jika kalah pada kegiatan
game (ice breaking) tersebut |
Mengkondisikan
lingkungan dan fisik dalam mendukung kegiatan. Kegiatan pada ICE Breaking
(game) memerlukan fisik yang cukup sehingga siswa diminta memakan snack
sebelum melakukan kegiatan |

Comments
Post a Comment