Sabtu, 18 Februari 2023
Saya Arif Saputra Calon Guru Penggerak Angkatan 7 DKI Jakarta
Pada awal modul 2 ini, saya merefleksikan hasil dari kegiatan yang saya ikuti di LMS ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal Refleksi membahas materi pada Modul 2.1 mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah saya dilakukan. Model refleksi yang saya pakai adalah Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)
Saya akan coba merefleksi pembelajaran dan aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan di Learning Management System (LMS). Di minggu ini ada beberapa aktivitas pembelajaran yaitu diawali dengan Test Awal Paket Modul 2,dilanjutkan aktivitas pembelajaran di LMS dimulai dengan 2.1.a .3.Mulai dari diri, 2.1.a.4.Eksplorasi konsep, 2.1.a.5.1. Ruang Kolaborasi 1, 2.1.a.5.2. Ruang Kolaborasi 2 Google Meet; 2.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Modul 2.1; 2.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1).
1. Facts (Peristiwa)
Aktivitas pertama yaitu Pada hari Rabu, 8 Februari 2023 Test Awal Paket Modul 2,dilanjutkan aktivitas pembelajaran di LMS dimulai dengan 2.1.a .3.Mulai dari diri (8-9 Februari 2023), 2.1.a.4.Eksplorasi konsep (10- 12 Februari 2023), 2.1.a.5.1. Ruang Kolaborasi 1, 2.1.a.5.2.mempresentasikan hasil kolaborasi pertemuan sebelumnya tentang membuat RPP berdiferensiasi (13- 15 Februari 2023), pada hari Jum'at 9 Februari 2023 Saya melakukan pendampingan Individu 2 bersama Pengajar Praktik Mintauli Banjarnahor, dan terakhir pada hari Sabtu, 10 Februari 2023 saya mengikuti Lokakarya 2 di SMPN 30 Jakarta yang menguatkan modul 1.2 sampai 1.3 terkait Budaya Positif. Pada saat ruang kolaborasi kali ini kelompok saya kebagian presentasi ke-4 yang beranggotakan dua orang, Anggota kelompok kami yang terdiri dari Arif Saputra dan Agus Baitul Khoiri untuk kasus 5 Tingkat SMK. Setelah melakasanakan ruang kolaborasi saya membuat RPP dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi . Dari sini saya Banyak mendapatkan pengetahuan terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi. Saya juga mengetahui bagaimana mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi ke dalam sebuah RPP, sehingga dapat mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik.Berikutnya, saya melakukan Refleksi terbimbing. Kami diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang makin memperkuat kami meningkatkan pemahaman terkait pembelajaran berdiferensiasi. Di aktivitas ini tidak ada hambatan yang dirasakan karena di sesi ini bagaimana CGP menggali lebih dalam konsep pembelajaran berdiferensiasi. Aktivitas berikutnya yaitu demonstrasi kontekstual. Di aktivitas ini kami diminta membuat Rencana pembelajaran berdiferensiasi dan mengevaluasi efektivitas RPP yang dibuat oleh sesama rekan CGP. Disini, saya membuat RPP berdiferensiasi dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik ditinjau dari Profil Belajarnya.
2. Feelings (Perasaan)
Saya bahagia, antusias dan semangat mengikuti aktivitas pembelajaran terkait dengan modul 1.2 yang berkaitan dengan pembelajaran berdiferensiasi. Pada modul 2.1. ini, Saya belajar menyusun RPP berdiferensiasi,belajar menyusun langkah-langkah pembelajaran yang menyelaraskan dengan karakteristik peserta didik.Ada gambaran tindak lanjut seperti apa yang dapat diambil oleh saya sebagai bentuk tindakan yang mempertimbangkan kebutuhan belajar peserta didik. Pada saat lokakarya 2 membuat saya merasa senang dan semangat karena bisa bertemu dengan teman- teman guru penggerak yang hebat dan luar biasa. Saling berbagi ilmu dan sharing pengalaman terkait dengan praktek baik yang telah dilakukan di sekolah masing- masing.
3. Findings (Pembelajaran)
Pengetahuan dan pengalaman baru akan diterima oleh saya sebagai calon guru penggerak pemimpin pembelajaran. Salah satu aplikasi nyata bagaimana seorang guru harus menghamba pada anak adalah mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi terhadap pelaksanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pembelajaran yang mengakomodir seluruh kebutuhan peserta didik dari minat, kesiapan belajar dan profil belajar peserta didik.
4. Future (Penerapan)
Disini saya belajar untuk lebih memperhatikan kemampuan siswa dalam memilih aktivitas belajar yang sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki akan membantu menghindarkan siswa dari pengalaman belajar yang kurang tepat , kurang menyenangkan dan kurang berpihak pada murid. Selain itu, Saya coba untuk sharing kepada rekan sejawat tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan harapan kami semua menjadi lebih memperhatikan minat dan profil belajar peserta didik dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran.
Sekian jurnal refleksi Dwi Mingguan
salam guru penggerak
#bergerak #tergerak #menggerakkan



Comments
Post a Comment